Saturday 10 December 2016

7 Fakta Menarik Tentang Seri Grand Theft Auto!

Kumpulan Fakta Menarik GTA | Featured
Setelah sekian lama akhirnya giliran pengguna PC untuk kehilangan hidupnya dan hilang selama beberapa saat dari tanah air tercinta untuk tinggal selama beberapa waktu di Los Santos, kota indah yang menjadi tempat tinggal polisi rasis nan agresif dan pengemudi yang stres. Los Santos kebetulan juga menjadi kota yang kamu kunjungi di Grand Theft Auto V.
Sebagai gamer yang nyaris eksklusif hanya bermain di PC, kehadiran Grand Theft Auto V menjadi sebuah kebahagiaan yang luar biasa karena penundaan tanggal rilis berkali-kali, serta kesedihan yang mendalam karena tidak mampunyai komputer untuk menjalankan game tersebut dengan pengaturan dan performa maksimum. Meskipun begitu kehadiran salah satu game terkeren yang pernah dibuat tersebut patut dirayakan. Apa lagi cara yang lebih tepat untuk merayakan selain menghadirkan fakta-fakta menarik seputar Grand Theft Auto?

Berawal dari Game Polisi-Maling

GTA V | Screenshot 3
Percaya tidak percaya, Grand Theft Auto pertama kali dirancang sebagai sebuah game polisi-maling yang diberi nama Race n’ Chase. Game tersebut membuat kamu memilih sebagai polisi atau kriminal yang keduanya memiliki cara bermain yang berbeda, dengan polisi harus mengikuti peraturan dan menangkap sang kriminal sementara si penjahat harus melakukan berbagai tindakan yang tidak patut dilakukan.
Selama masa pengembangan para developer merasa aspek polisi terasa tidak seru sama sekali karena kamu harus selalu mematuhi peraturan sementara sang kriminal bebas melakukan apapun yang dia inginkan. Pada akhirnya aspek polisi dihapus sepenuhnya dan kamu hanya bisa bermain sebagai seorang kriminal. Tentu saja nama game tersebut juga dirubah menjadi sesuatu yang pasti pernah kamu dengar dan mungkin menjadi salah satu nama game favoritmu: Grand Theft Auto.

Dunia Grand Theft Auto

GTA V | Screenshot 4
GTA V | Screenshot 5
Tidak banyak yang tahu bahwa seri Grand Theft Auto sebenarnya memiliki beberapa dunia yang berbeda. Kamu yang sudah memainkan GTA V mungkin sedikit kecewa karena tidak menemukan karakter-karakter lama dari GTA: San Andreas seperti Sweet, Cesar Vialpando, atau sang protagonis Carl Johnson. Rupanya hal ini terjadi karena GTA: San Andreas berada di dunia yang berbeda dengan GTA V.
Saat ini Grand Theft Auto terpecah ke dalam tiga buah dunia, yaitu dunia 2D, dunia 3D, dan dunia HD. Dunia 2D mencakup GTA pertama dan GTA II. Dunia 3D mencakup GTA III, Vice City, San Andreas, Liberty City Stories, Vice City Stories, dan Advance. Dunia terakhir yang diberi nama (tidak resmi) HD mencakup GTA IV, V, dan Chinatown Wars.
Setiap dunia memiliki cerita dan karakter yang terhubung. Sebagai contoh dalam GTA: San Andreas kamu akan bertemu dengan Ken Rosenberg, salah satu karakter yang hadir di Vice City. Tidak hanya itu kamu juga akan berpacaran dengan seorang wanita sedikit gila bernama Catalina dan balapan dengan seorang pria berjaket hitam di San Andreas. Wanita tersebut adalah antagonis utama di Grand Theft Auto III dan pria tersebut adalah Claude Speed, protagonis dari game yang sama.

Dunia Rockstar

Bully | Screenshot
Rockstar pernah merilis berbagai game dengan gameplay yang cukup serupa dengan Grand Theft Auto namun memiliki tema yang berbeda seperti Read Dead Redemption, Bully, serta game sadis kontroversial berjudul Manhunt. Tampaknya game tersebut berada di dunia yang sama dengan GTA.
Michael, salah satu protagonis di GTA V sempat membicarakan pengalaman kegiatan kriminal pertamanya yang dia lakukan di Carcer City. Kota tersebut adalah kota tempat seluruh kegiatan di seri Manhunt berlangsung. Tidak hanya itu kamu juga bisa melihat acara televisi yang menunjukkan Bullsworth Academy, tempat kamu bersekolah di game Bully. Franklin juga memiliki sebuah buku berjudul Red Dead yang dikarang oleh J. Marston, nama protagonis di Red Dead Redemption.

Peta Akurat Buatan Fan

Sebelum dirilisnya Grand Theft Auto V, fan berat dari seri GTA yang tergabung di gtaforums membuat sebuah peta yang didasarkan oleh berbagai informasi yang baru tersedia pada waktu itu seperti video, screenshot, sampai wawancara. Hasilnya cukup menyeramkan, bukan karena buruk namun karena tingkat akurasi yang sangat tinggi. Lihat saja perbandingannya lewat gambar di bawah.
GTA V | Screenshot 1
Peta buatan fan
GTA V | Screenshot 2
Peta resmi GTA V

Kontroversi Hot Coffee

Hot Coffee adalah sebutan untuk sebuah kontroversi mengenai Grand Theft Auto: San Andreas yang melibatkan adegan seksual. Pada awal pengembangan game tersebut, para developer merencanakan  untuk membuat sebuah mini game yang membuat sang protagonis bisa berhubungan seksual dengan pasangannya. Seperti yang bisa kamu bayangkan, hal ini membuat rating dari GTA: San Andreas menjadi Adults Only dan hanya bisa dimainkan oleh gamer di atas 21 tahun.
Hal tersebut membuat berbagai toko di Amerika Serikat seperti Wal-Mart dan Target tidak bisa menjual game tersebut dan akhirnya para developer memutuskan untuk tidak menghadirkan fitur tersebut dalam waktu yang sangat singkat sebelum game tersebut dirilis. Hal ini membuat para programmer tidak sempat menghapus kode mekanisme ini dan hanya “menyembunyikan” fitur tersebut.
GTA V | Screenshot 6
Dalam waktu cepat beberapa modder menemukan kode tersembunyi tersebut dan berhasil membuka akses ke mini game yang sempat membuat saya tidak bisa berhenti tertawa saat mencobanya. Alhasil GTA: San Andreas kembali mendapatkan rating Adults Only dan menjadi kontroversi yang cukup panas dibicarakan pada saat itu. Kontroversi ini bahkan mendapatkan perhatian dari Hillary Clinton yang pada saat itu menjabat sebagai anggota senat. Kontroversi ini telah membuat Take-Two selaku penerbit game tersebut kehilangan lebih dari $20 juta atau sekitar Rp258 triliun rupiah.

Patung Hillary Clinton

Kamu yang memainkan Grand Theft Auto IV tentunya ingat bahwa kota yang kamu tinggali bernama Liberty City. Kota tersebut adalah kota fiktif yang didasarkan pada New York, sebuah kota asli di Amerika Serikat dengan Patung Liberty sebagai monumennya yang paling khas. Patung tersebut juga hadir di GTA IV dengan nama Statue of Happiness, namun dengan perbedaan wajah Patung Liberty yang memiliki penampilan yang sangat mirip dengan Hillary Clinton.
GTA V | Screenshot 7
Jangan dilihat terlalu lama, nanti mimpi buruk!
Kemiripan ini nampaknya ditujukan sebagai easter egg atau candaan yang dilakukan oleh para developer terhadap kontroversi yang baru saya sebutkan di atas. Tidak berhenti disitu, Statue of Happiness juga tidak mengangkat obor seperti versi aslinya, namun malah membawa segelas kopi panas yang masih berasap.

Modifikasi Dadakan Di Grand Theft Auto III

Grand Theft Auto III adalah game pertama dari seri GTA yang berlokasi di dunia 3D GTA. Game ini dirilis kurang lebih satu bulan setelah insiden 9/11, serangan teroris di Amerika Serikat yang membajak beberapa pesawat komersial dan menabrakkannya ke beberapa bangunan penting dan menyebabkan kematian pada ribuan orang.
GTA V | Screenshot 8
Tragedi tersebut menyebabkan Grand Theft Auto III mendapatkan beberapa perubahan dalam jangka waktu yang sangat singkat tersebut sebelum perilisan. Mobil polisi diubah warnanya dari putih dan biru (warna mobil polisi New York) ke hitam putih, penghapusan misi yang mengharuskanmu menerbangkan pesawat rusak dan sangat sulit dikendalikan, hingga penghapusan seorang NPC bernama Darkel yang memiliki berbagai misi berhubungan dengan terorisme.

Itulah beberapa fakta-fakta menarik tentang Grand Theft Auto. Apakah kamu punya fakta-fakta menarik lainnya yang tidak kita tulis di sini? Beritahu kami dan para pembaca lain melalui kolom komentar di bawah! Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuanmu tentang seri game terkeren ini. Saatnya untuk beres-beres dan bersiap-siap untuk terbang ke Los Santos!